Cahaya di atas cahaya, Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui atas segala sesuatu (An-Nuur 35)

Senin, 14 Juni 2010

KEMATIAN
(Akhir Perjalanan Manusia didunia)
Oleh : Gelar Rusdiana MA


Suatu saat manusia akan dihadapkan pada gerbang akhir kehidupan, yakni gerbang kematian. Siapapun orangnya tidak akan pernah luput dari kematian. Fenomena kematian merupakan siklus kehidupan manusia. Ketika munusia terlahir kedunia sesungguhnya manusia dihantarkan pada awal kehiduapan di alam dunia, dan kematian merupakan akhir kehidupan di dunia sekaligus penghantar manusia kekehidupan selanjutnya. Kubur. Kematian bukan berarti manusia selesai menjalani proses kehidupan, tetapi kehiduapan baru telah menanti dimana segala prilaku dan amal perbuatan selama hidup harus dipertanggung jawabkan dihadapan peradilan Allah yang maha adil.
Yang perlu disadari tentunya adalah kedatangan kematian yang mutlak pada setiap manusia dan kedatanganya tidak pernah ada yang tahu, maka konsekuwensi logis yang harus diterima manusia adalah harus siap menghadapi kematian kapanpun waktunya dan dalam keadaan apapun situasinya. setiap manusia pasti menginginkan akhir hayatnya dalam keadaan baik (husnul khotimah) tetapi perlu disadari husnul khotimah merupakan cermin dari langkah kehidupan manusia dari lahir sampai menghadapi syakaratulmaut. Semoga Allah menganugrahkan kepada kita husnul khotimah amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar